Dunia Medis Sebelum Zaman Modern, Kamu Akan Bersyukur Hidup Pada Zaman Ini

Dunia medis pada zaman ini sudah lebih manusiawi jika dibandingkan dengan medis pada zaman dahulu. Dulu para dokter menggunakan ilmu mistik yang berbau takhayul untuk mengobati para pasien nya. Seringnya para dokter melakukan pembedahan hanya untuk mengobati para pasien seperti membuat lubang pada tengkorak. Peralatan tidak steril sering kali membuat kondisi pasien semakin parah dan yang lebih mengerikannya adalah belum ditemukannya obat bius pada zaman itu. Berikut adalah dunia medis pada zaman dahulu yang akan membuatmu merasa bersyukur hidup pada zaman ini.
  1. Jarum suntik
Jarum suntik pada zaman ini lebih steril karena sekali pakai dan lebih tajam. Pada zaman modern ini pasien tidak akan merasa kesakitan saat menerima suntikan. Namun berbeda dengan jarum suntuk pada zaman dahulu yang ditemukan di musem Perancis. Jarum tersebut terbuat dari kuningan dengan jarum yang tumpul, sangat wajar jika pada zaman itu banyak pasien yang takut disuntik.


Referensi pihak ketiga
2. Pakaian pekerja radiologi
Saat akan di rontgen kamu akan mendapatkan pelayanan yang cukup ramah dari pekerja disana. Mereka memakai pakaian yang rapi dan mengesankan. Berbeda dengan pakaian pekerja radiologi zaman dulu yang mirip dengan kostum Halloween.


Referensi pihak ketiga
3. Meminta bantuan jin dan sihir
Saat seorang pasien diketahui menderita penyakit yang serius, para dokter di Mesir pada zaman dahulu akan melakukan sebuah ritual. Ritual ini bertujuan untuk meminta bantuan para jin dan sihir untuk membantu dokter tersebut melakukan pembedahan.


Referensi pihak ketiga
4. Belum ada obat bius
Para dokter sering kali diharuskan melakukan pembedahan dan amputasi untuk menolong pasien nya. Para pasien akan ditutup hidungnya dengan cairan khusus supaya pingsan, atau yang lebih mengerikan nya adalah hanya di sumpal mulutnya dengan kain supaya tidak berteriak yang akan mengganggu proses operasi.


Referensi pihak ketiga
Sudah bersyukur hidup pada zaman ini?
Sumber :UCNews
-->