Hati-Hati! Ini yang Bakal Terjadi pada Janin Saat Ibunya Nangis Atau Stres



edusehat.com
Menangis adalah emosi yang normal terjadi pada siapa saja. Termasuk pada ibu hamil. Jika sekali dua kali terjadi, itu normal.
Tapi hati-hati kalau ibu hamil terus-menerus sedih karena stres atau masalah yang ia alami. Berdasarkan penelitian Association for Psychological Science, janin yang sudah berusia enam bulan bisa merasakan emosi yang dirasakan ibunya dan juga berdampak baginya.


unilad.co.uk
Ketika ibu hamil stres, maka akan mengeluarkan hormon stres yang kemudian dialirkan lewat plasenta. Jika ibu sering sekali stres maka hormon stres yang mengalir ke janin pun banyak. Hal ini berbahaya karena bisa mempengaruhi perkembangan sarafnya.
Penelitian lain dari Clinical Obstetrics Gynecology mengungkapkan bahwa stres berkepanjangan yang dialami ibu ketika hamil bisa meningkatkan risiko bayi terkena autisme, depresi, hingga gangguan kognitif.


hamilsehats.com
Karena dampaknya yang besar terhadap tumbuh kembang janin serta bisa mempengaruhi perkembangan janin ketika nanti sudah lahir, ibu hamil sebaiknya selalu tenang. Jika mengalami masalah emosi sebaiknya konsultasikan ke dokter. Selain itu perlu dukungan suami untuk membuat istrinya bahagia dan bebas stres.
Ibu bahagia, bayi yang dikandungnya pun akan bahagia.

-->