Jangan Main Main, Harga Kabel Speedometer Yamaha NMAX Bisa Bikin Pingsan

Bukan kabel speedometer biasa, Yamaha NMAX punya sistem pembaca kecepatan ban yang cukup rumit.
Pabrikan mengandalkan sebuah kabel sensor yang terkonseksi dengan piringan cakram, kemudian akan dibaca dan ditransfer ke speedometer dalam wujud angka.
Karena sistemnya cukup rumit dan modern, maka kabel speedometer milik Yamaha NMAX tidak bisa disamakan dengan kabel-kabel spedo motor pada umumnya.


Sumber : pertamax7.com
Hal ini juga berpengaruh model speedometer digital yang relative lebih mahal ketimbang speedometer analog biasa.
Contohnya saja Honda CB Verza, motor naked ini sudah menggunakan speedometer digital, dan harga kabel spedonya terbilang cukup mahal yaitu 200 ribuan. Jauh selisihnya dengan kabel-kabel motor biasa yang masih pakai speedo analog, dimana hanya 30 ribuan.


Sumber : pertamax7.com
Kembali ke sensor speedometer Yamaha NMAX…disarankan bagi kalian pengguna Yamaha NMAX, jangan anggap enteng komponen satu ini, usahakan jangan cepat rusak, sebab harga satuan kabel sensor tersebut mencapai 876.000 rupiah.
Bayangkan saja, printilan sekecil itu bisa menghabiskan dana hampir 1jt. Lalu kenapa bisa mahal?
Ada dua faktor yang bisa kita simpulkan, yang pertama adalah sensor kabel speedometer Yamaha NMAX sudah termasuk sensor ABS juga. Meskipun motornya non ABS namun tetap fungsinya sama.


Sumber : iwanbanaran.com


Sumber : iwanbanaran.com
Dan yang kedua, komponen ini termasuk komponen slow moving, artinya komponen jarang rusak dan pabrikan tidak memproduksinya dalam jumlah yang masif. Sudah hal yang wajar, jika komponen slow moving harganya mahal-mahal.
Sumber:UCNews
-->