Setiap Hari Minum Kopi, Ini Efek yang Bakal Terjadi pada Otak Kamu!


hellosehat.com
Minuman ini terkenal sebagai pengusir ngantuk. Bagi pecinta kopi rasanya kurang afdhol kalau sehari tidak minum kopi. Berasa ada yang kurang.
Dilansir dari hellosehat.com (31/12/18) dan sudah direview oleh : dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum, kopi mengandung berbagai senyawa aktif yang berpengaruh pada tubuh, termasuk otak. Senyawa aktif tersebut diantaranya kafein, asam klorogenik (CGA), cafestol dan kahweol, serta trigonelline.
Berikut yang bakal terjadi pada otak kamu jika minum kopi tiap hari.
1. Konsentrasi meningkat

klikdokter.com
Senyawa kafein pada kopi saat masuk ke dalam tubuh akan bereaksi dengan reseptor adenosin dan merangsang pembentukan hormon serotonin, dopamin, serta nonadrenalin. Ketiga hormon tersebut mampu membuat kamu lebih fokus.
Gak heran banyak yang mengonsumsi kopi sebelum memulai aktivitas karena bisa bikin otak jadi ‘jreng’.
2. Daya ingat lebih tajam
Minum kopi mampu merangsang otak untuk mengingat sesuatu yang mungkin terlewat oleh kamu. Tapi dengan dosis yang tepat. Kebanyakan minum kopi justru ingatan jadi tidak akurat.
Namun sayangnya efek positif minum kopi dalam mempertajam daya ingat biasanya terjadi pada orang yang jarang minum kopi. Nggak papa lah ya, setidaknya bisa bikin konsentrasi meningkat.
3. Menurunkan risiko penyakit otak dan saraf

brainfacts.org
Rutin minum kopi tiap hari bisa mencegah penyakit otak dan saraf seperti demensia, Alzheimer, dan Parkinson. Hal ini disebabkan kandungan antioksidan serta antiinflamasi di dalam kopi.
Meski memiliki banyak manfaat, ada yang harus kamu perhatikan saat minum kopi. Dilansir dari health.detik.com (22/02/19), menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Profesor Budhi Setianto Purwowiyoto batas wajar minum kopi dalam sehari adalah 3-4 cangkir. Tapi jika kamu berdebar-debar setelah minum kopi, sebaiknya dosisnya dikurangi.

kompas.com
Selain itu harus diperhatikan bahan tambahan kopi seperti krim dan gula. Sebaiknya minum kopi pahit. Menurut dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA, berbagai tambahan kopi inilah yang membuat efek tidak baik pada kopi karena bisa jadi sumber kalori tambahan dan berdampak pada risiko penyakit jantung dan diabetes.
Sumber :UCNews
-->