Toyota 2000GT, Sportcar Pertama Buatan Jepang Hasil Kolaborasi Dengan Yamaha

Gak kebayang, bagaimana jadinya jika Toyota dan Yamaha berkolaborasi. Seperti yang kita ketahui, Yamaha dan Toyota itu merupakan dua perusahaan otomotif yang berbeda. Satunya mahir di roda dua, satunya lagi bermain di segmen roda empat.
Tapi sekalinya mereka berkolaborasi, telah sukses menciptakan sebuah sejarah baru dan sampai saat ini susah untuk dilupakan.
Bagaimana tidak, mobil hasil rakitan dua perusahaan besar ini telah menciptakan sportcar pertama yang pernah dibuat di Jepang.


Sumber : blog.toyota.co.uk
Mobilnya adalah Toyota 2000GT. Mobil ini dipasarkan mulai tahun 1967 sampai 1970. Dulu, di era 60an ketika melihat mobil bertulisan “made in Japan” sudah seperti sekarang melihat tulisan “made in China”. Kesannya barang buatan tersebut dibikin secara asal-asalan dan masih kalah dengan produk keluaran barat.
Jadi pertama kali mobil ini hadir, Yamaha awalnya menarik Nissan untuk bekerja sama. Saat itu Yamaha menawarkan desain kepada Nissan yang dikenal dengan proyek A550X.
Namun entah kenapa, Nissan justru menolak tawaran dan Yamaha berpaling kepada Toyota. Langsung itu Toyota menerima tawaran dari Yamaha sebab mereka sedang membangun image perusahaan.


Sumber : blog.toyota.co.uk
Kemudian bentuk bodi disesuaikan dengan bahasa desain Toyota pada saat itu, hingga proses pembangunan mesin Yamaha dengan Toyota dan menghasilkan inline six engine.
Mesinnya sendiri 2000cc, karena masih jamannya karbu maka sistem pengabutan dipilih tiga karbu Mikuni-Solex sidedraft. Satu karbu didesain untuk menyemburkan bahan bakar ke dua silindernya.


Sumber : gridoto.com
Spec yang dapat dihasilkan 150 dk dan punya top speed 220 km/jam, seperti yang dikutip dari gridoto.com(15/2/2019).
Sayang, mobil ini hanya diproduksi selama 3 tahun saja. Dari rentang waktu tersebut, Toyota 2000GT cuma dibuat sebanyak 351 unit dan yang dijual hanya 337 unit saja.
Sempat ada yang melelang mobil ini disebuah acara, hasilnya laku sampai $ 1,2 juta. Alias Rp 16 Miliar!


Sumber : gridoto.com


Sumber : toyota-europe.com


Sumber : toyota-europe.com


Sumber : toyota-europe.com


-->