Yang Terjadi Pada Tubuhmu Kalau Minum Air Putih Bangun Tidur, Gak Nyangka!


klikdokter.com
Dilansir dari klikdokter.com (19/04/18), dr. Andika Widyatama menjelaskan bahwa sekitar 70% bagian tubuh mengandung air. Karena itu kecukupan cairan sangat penting supaya tubuh bisa berfungsi secara normal.
Setiap hari, orang dewasa membutuhkan setidaknya 8 gelas air putih untuk pria dan 7 gelas air putih untuk wanita. Kurang minum tak bisa disepelekan karena bisa menimbulkan masalah kesehatan.
Diantara kebiasaan baik yang perlu kamu terapkan setiap hari adalah minum air putih saat bangun tidur. Ini yang akan terjadi pada tubuhmu dengan melakukan kebiasaan baik ini.
1. Meningkatkan kecepatan metabolisme

duniaq.com
Minum air putih saat bangun tidur ketika perut kosong dapat meningkatkan kecepatan metabolisme hingga 24%. Dengan begitu sistem pencernaan pun lancar. Termasuk usus menjadi bersih sehingga penyerapan nutrisi bisa maksimal.
2. Rehidrasi
Ketika tidur, tidak ada asupan cairan. Karena itu minum air setelah bangun tidur menjadi upaya rehidrasi dan mencegah terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan). Tubuh jadi bisa berfungsi secara normal.
3. Menguatkan imunitas

biofar.id
Buat kamu yang sering banget kena flu, coba deh biasakan minum air putih saat bangun tidur. Karena salah satu manfaatnya meningkatkan kerja sistem limfatik yang berperan besar dalam sistem kekebalan tubuh. Kalau tubuhmu kuat jadi gak gampang sakit.
4. Detoksifikasi

weightlossresources.co.uk
Saat kamu beristirahat malam hari, tubuh melakukan detoksifikasi. Dengan meminum air putih bangun tidur, ginjal pun jadi mudah mengeluarkan racun-racun dalam tubuh lewat urine.
5. Mencegah batu ginjal

intisari.grid.id
Selain mencegah infeksi saluran kemih, kebiasaan minum air putih saat bangun tidur juga bisa mencegah batu ginjal. Hal ini disebabkan air yang masuk akan melarutkan asam yang bisa membentuk batu ginjal.
Gak nyangka ya, hal sepele seperti minum air ketika bangun tidur ternyata manfaatnya luar biasa. Siap mencobanya?
Sumber :UCNews
-->