8 Menu Makanan Organik Untuk Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Hypertensi atau tekanan darah tinggi belum diketahui penyebabnya namun yang jelas hipertensi sangat berbahaya untuk kesehatan,hypertensi jika tidak segera diobati dapat menyebabkan penyakit jantung,gagal ginjal dan stroke.

Tekanan darah tinggi pada umumnya tidak memilki gejala, namun hipertensi dapat dikendalikan dengan cara pola makanan sehat.

Tekanan darah 120/80 keatas disebut prehipertensi yang berbahaya berisiko besar terkena serangan jantung dan penyakit lainnya.

Cara Budidaya Ikan Lele Pemula Hemat Pakan Dengan Hasil Menguntungkan

Penderita hipertensi dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan organik,karena residu pestisida yang terkandung dalam buah atau sayuran non organik akan menumpuk pada dinding arteri,sehingga menimbulkan pengerasan pada pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah tinggi.

Berikut ini 8 menu makanan organik yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

1. Susu Skim dan Yogurt


8 Menu Makanan Organik Untuk Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Susu skim adalah susu bubuk yang rendah lemak.

Peran kalsium sangat penting dalam penyempitan dan merelaksasi pembuluh darah.

Para ahli merekomendasikan susu organik untuk menurunkan tekanan darah.

2. Sayuran Hijau

Makanan yang mengandung natrium memang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengeluarkan kadar air dalam sel tubuh,namun terlalu banyak asupan natrium menghambat fungsi ginjal untuk membuah kelebihan air sehingga meningkatkan tekanan darah.

Makanan natrium seperti garam,daging dan ikan olahan,keju dan acar atau asinan.

Jika tekanan darah anda tinggi, anda harus beralih pada makanan yang banyak mengandung kalium seperti selada romaine organik,sawi,kangkung,lobak,kol,bayam,brokoli.

3. Ubi Bit Merah

Ubi bit merah direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah karena sifatnya yang kaya nitrogen monoksida yang bermanfaat untuk membuka pembuluh darah sehingga mampu menurunkan tekanan darah. Efeknya dapat dirasakan setelah 24 jam setelah dikonsumsi.

4. Pisang

Satu buah pisang mengandung 12% kalium yang dibutuhkan tubuh ditambah dengan protein sehat,serat,magnesium,vitamin B6,vitamin C.

Kalium dapat membantu membersihkan natrium lebih pada tubuh,riset membuktikan dengan mengonsumsi 2 buah pisang perhari secara rutin dapat menurunkan 10% dari tekanan darah.

5. Buah Jenis Berry

Buah jenis berry kaya akan antioksidan yang termasuk kelompok flavonoid.

Asupan flavonoid yang cukup bermanfaat untuk mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi,mencegah peradangan dalam tubuh yang menyebabkan nyeri sendi.

6. Oatmeal


Cara Budidaya Ikan Lele Pemula Hemat Pakan Dengan Hasil Menguntungkan

Oatmeal sangat bermanfaat untuk tekanan darah karena sifatnya yang kaya akan serat dan biji-bijian yang dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah.

Oatmeal mengandung kalium dan kalsium yang mampu mengurangi tekanan darah

7.Bawang Putih

Bawang putih mengandung nitrogen monoksida yang berfungsi untuk membantu pelebaran dinding arteri.

Bawang putih bermanfaat untuk melancarkan aliran darah sehingga melindungi kesehatan jantung dan dapat mengurangi tekanan darah tinggi .

8. Coklat Hitam

Penelitian menunjukan bahwa coklat hitam yang mengandung 70% kakao murni dapat menurunkan tekanan darah.

Kandungan antioksidan flavonoid yang terdapat pada kakao murni dapat merilekskan dan membantu pelebaran pembuluh darah.

Meski coklat hitam dapat menurunkan tekanan darah,namun anda tidak boleh berlebihan mengonsumsinya karena cokelat hitam mengandung sedikit gula,apabila dikonsumsi berlebihan malah menjadi bumerang.

Untuk mengatasi hipertensi sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter,untuk mendapatkan informasi tingkat tekanan darah anda.

Hipertensi disebut silent killer karena tidak memiliki gejala namun dapat menyebabkan penyakit yang mematikan.

-->