9 Makanan Pemicu Migrain Dan Cara Pencegahannya

Daftar isi:





Penyebab migrain


Migrain adalah sakit kepala dengan beberapa intensitas,disertai dengan mual dan muntah serta kepekaan terhadap suara keras dan cahaya pijar,migrain ditandai dengan sakit kepala sebelah selama tiga hari atau lebih.

Migrain merupakan penyakit saraf yang dapat menimbulkan rasa mual,muntah dan sensitiv terhadap cahaya dan suara. Beberapa diantaranya ada yang mengalami gangguan penglihatan sebagai gejalanya.

Penyebab migrain pada dasarnya tidak diketahui secara pasti,namun hormon,stres dan faktor makanan merupakan faktor utama pemicu migrai.


9 Makanan Pemicu Migrain Dan Cara Pencegahannya

Survei membuktikan 25% penderita migrain memastikan bahwa makanan tertentu bisa memicu kambuhnya migrain. 30% remaja dari populasi dunia yang berusia 18-60 tahun pernah mengalami masalah migrain dan akan makin kuat pada usia 35-45 tahun.

Untuk pencegahannya ialah dengan cara mengetahui penyebabnya. Beberapa pemicu migrain yang umum ialah dari tekanan pikiran atau yang lebih dikenal dengan nama "stress" atau akibat hormon tidak seimbang dan masih banyak lagi pemicu migrain lainnya,diantaranya :


Makanan pemicu migrain


1. Penguat rasa(MSG)

9 Makanan Pemicu Migrain Dan Cara Pencegahannya


Kandungan monosodium dalam MSG disebut-sebut sebagai pemicu serangan migrain,namun hasil dari penelitian bahwa tidak cukup bukti untuk mendukung gagasan tersebut. Namun penderita migrain sebaiknya mengontrol pada asupan makanan yang banyak mengandung MSG.

2. Perubahan cuaca

9 Makanan Pemicu Migrain Dan Cara Pencegahannya

Meski perubahan cuaca tidak dapat di prediksi,tetapi anda bisa mempersiapkan diri dengan cara menyediakan obat pereda nyeri.

3. Pengaruh sensorik(pancaindra) yang kuat

9 Makanan Pemicu Migrain Dan Cara Pencegahannya

Bau yang menyengat,cahaya terang, dan suara keras berkepanjangan juga dapat menyebabakan migrain pada penderita migrain kronis.Aroma parfum,asap rokok dan lampu pijar dapat memicu migrain,jauhi kontak langsung dengan sumber tersebut.

4. Kopi


Kopi menjadi salah satu minuman favorit diberbagai belahan dunia. Kopi kaya akan kafein sarat akan stimulan,stimulan juga terdapat pada teh,minuman energi dan soda. Terlalu tinggi asupan kafein dapat menjadi faktor pemicu migrain pada orang tertentu.

jika ingin menghentikan kebiasaan minum kopi maka harus secara perlahan dan bertahap selama beberapa minggu karena mengurangi kebiasaan konsumsi kafein dengan cara drastis akan terjadi penarikan kafein,penarikan kafein dapat menimbulkan gejala seperti migrain.

Cara efektif meredakan migrain yaitu dengan aspirin dan tylenol (parasetamol).


5. Pola tidur dan aktivitas

9 Makanan Pemicu Migrain Dan Cara Pencegahannya

Tidur dan olahraga yang tidak teratur dapat memicu migrain,atau mengubah pola tidur dan olahraga secara dramatis juga dapat memicu migrain. Pastikan pola tidur dan aktivitas teratur untuk mencegah serangan migrain.

6. Minuman Beralkohol

Kandungan histamin dalam anggur merah berperan aktif dalam memicu serangan migrain pada penderitanya,jika dikonsumsi berlebih maka berisiko memicu migrain dalam waktu 3 jam. Histamin juga ditemukan dalam daging olahan,beberapa jenis ikan,keju dan makanan yang di fermentasikan. Untuk pencegahan migrain lebih disarankan kurangi minuman dan makanan yang banyak mengandung histamin.




7. Pemanis Buatan

Dari beberapa penelitian menemukan bahwa pemanis buatan dapat meningkatkan serangan migrain,namun dengan bukti yang beragam.

Pencegahannya dengan mengurangi kadar pemanis buatan untuk konsumsi rutinitas anda.

8. Buah Jeruk

Penelitian menemukan bahwa 15% dari penderita migrain mengatakan bahwa buah jeruk dapat memicu serangan migrain.

9. Cokelat

Hasil dari survei dari penderita migrain,membuktikan bahwa 5% diantaranya mengatakan bahwa coklat dapat memicu serangan migrain,namun hasil penelitian meragukan efek coklat terhadap migrain.


Kesimpulan



Pada intinya Kesehatan anda tergantung dari gaya hidup anda. Tidak setiap makanan yang dibahas pada artikel ini mempengaruhi penderita migrain,karena setiap penderita migrain tentunya punya kepekaan berbeda terhadap makanan atau minuman,namun untuk mengatasinya Sebaiknya kosultasikan dulu dengan dokter untuk pengobatan yang lebih tepat.

-->