Kenali 3 Jenis Alergi Kronis Beserta Penyebab,Gejala Dan Langkah Perawatannya

Penyebab alergi

Menurut pusat kontrol pengendalian dan pencegahan penyakit atau lebih di kenal CDC (centers for disease control and prevention) kasus alergi terhadap makanan pada makanan meningkat selama priode penelitian dari 1997 sampai 2011,alergi kulit lebih banyak terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa. Namun seiring bertambahnya usia risiko alergi kronis cenderung menurun.

Alergi terjadi pada saat tubuh bereaksi negatif terhadap zat-zat tertentu,namun dapat juga disebabkan oleh tungau, pewarna, makanan, farfum, getah, bulu hewan peliharaan.

Biasanya tanda alergi disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala,bersin,hidung tersumbat dan pilek. Gejala alergi pada anak harus di atasi sedini mungkin,untuk mencegah komplikasi yang bisa saja terjadi dan mencegah gejala alergi terulang kembali.


3 Jenis alergi kulit dan gejalanya


3 Jenis Alergi,Penyebab,Gejala Dan Langkah Perawatannya

Eksim (Dermatitis atopik)

Eksim (dermatitis atopik) adalah penyakit kulit kronis yang menyebabkan kulit gatal,kering,meradang dan pecah-pecah. Alergi yang muncul pada balita biasanya disebabkan oleh alergi terhadap makanan atau pencemaran lingkungan.

Jika perawatannya tidak tepat,alergi ini dapat menyebabkan gatal-gatal yang parah,gangguan tidur dan aktivitas sehari-hari.

langkah perawatannya.

Oleskan salep atau pelembab kulit

Hindari benda atau makanan yang dapat menyebabkan alergi

Konsultasikan dengan dokter jika eksim parah

Dermatitis kontak


3 Jenis Alergi,Penyebab,Gejala Dan Langkah Perawatannya

Dermatitis kontak adalah alergi atau ruam gatal kemerahan pada kulit yang timbul akibat kulit kontak langsung dengan suatu zat yang mengiritasi kulit.

Gejalanya seperti kulit melepuh,tampak kasar dan bersisik. Segera konsultasikan dengan dokter jika kulit anda menunjukkan reaksi alergi berlanjut.

Langkah perawatan dermatitis kontak


Hindari kontak langsung dengan benda yang menyebabkan iritasi dan menghindari paparan sinar matahari langsung

Minum antihistamin untuk menghilangkan gatal

Oleskan krim streoid secara teratur

Ikuti saran dokter



Dermatitis HIV


3 Jenis Alergi,Penyebab,Gejala Dan Langkah Perawatannya

Ruam kulit HIV kondisi yang umumnya terjadi pada dua bulan pertama setelah seseorang terjangkit Hiv,ruam ini muncul disebabkan karena tubuh melawan virus,dengan menimbulkan gejala kesulitan bernapas,pembengkakan pada mulut dan wajah.

Dalam kebanyakan kasus,gatal yang disebabkan ruam tersebut akan hilang dengan sendirinya selama penderita menghindari benda dan makanan yang menyebabkan alergi pada kulit,minum histamin untuk meredakan atau mencegah gatal.


Kapan harus Kedokter?

Alergi dapat menjadi bagian syok anafilaksis. Syok anafilaksis adalah suatu reaksi alergi yang dapat menyebabkan kehilangan kesadaran bahkan kematian.

Kondisi ini terjadi apabila anda alergi terhadap beberapa makanan,obat-obatan,bisa serangga dan getah kental. Gejalanya sebagai berikut :

Mengalami mual,muntah

Kepala terasa pusing

Mengalami pingsan

Pembengkakan pada wajah,mata dan bibir

Mengalami gangguan pernapasan

Denyut nadi melemah


Mengingat resiko dari syok anafilaksis sangat fatal,maka jika gejala tersebut timbul pada penderita alergi maka secepatnya harus konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan mendapatkan suntikan epinefrin.

-->