Pertolongan Pertama Bayi Terjatuh Dan 9 Tanda-Tanda Bayi Yang Memerlukan Perawatan Intensif

Saat memiliki bayi anda harus pintar mengatur waktu untuk melakukan pekerjaan rumah lainnya dan kebanyakan kebiasaan para ibu akan melaksanakan pekerjaan rumahnya ketika bayi tertidur.

Namun seiring padatnya kesibukan kadang membuat anda lengah sehingga resiko bayi terjatuh dari tempat tidur bisa saja terjadi,kecelakaan memang tidak bisa dihindari namun kewaspadaan dan pencegahan harus diutamakan.

Jika bayi anda mengalami terjatuh dari tempat tidur,ada beberapa langkah pemeriksaan yang harus anda lakukan untuk memastikan kondisi bayi. Karena bisa menimbulkan masalah serius pada tubuh atau kepala bayi jika tidak segera ditangani dengan benar.


Pertolongan Pertama Bayi Terjatuh Dan 9 Tanda-Tanda Bayi  Yang Memerlukan Perawatan Intensif


Jika bayi terlihat baik-baik saja,peluk dan menghiburnya untuk mengilangkan kepanikan setelah terjatuh pada bayi. Sambil menghiburnya lakukan pemeriksaan pada tubuh bayi terutama pada area kepala bayi.

Meskipun bayi terlihat baik-baik saja pasca terjatuh, maka jika bayi yang masih berusia dibawah 1 tahun yang mengalami jatuh dari tempat tidur,sebaiknya di periksakan ke dokter untuk memastikan kesehatan bayi anda baik-baik saja.

Setelah bayi anda terjatuh kemungkinan bayi akan mengalami kehilangan kesadaran,bayi akan tampak lemas atau seperti tertidur kemudian biasanya akan tersadar lebih cepat.

Jika bayi mengalami muntah atau mengalami kejang-kejang pertolongan pertamanya dengan membalikan tubuh bayi pastikan leher bayi tetap lurus. Jika terjadi pendarahan lakukan tekanan lembut dengan kapas atau handuk bersih.

Jika bayi mengalami kehilangan kesadaran dalam waktu lama bahkan jika kepala bayi terlihat memar atau mengalami pendarahan maka secepatnya harus diperiksa ke dokter.

Tanda bayi harus dirawat intensif setelah terjatuh

Meskipun bayi setelah terjatuh tidak menampakan gejala seperti kehilangan kesadaran,muntah atau tidak ada pendarahan namun perlu anda ketahui tanda-tanda memerlukan perawatan intensif. Segera lakukan pemeriksaan pada pelayanan kesehatan jika bayi menunjukkan tanda-tanda berikut .

-Tidak merespon saat menghiburnya

-Sering muntah

-Tampak menyembul pada ubun-ubun bayi

-Sering menggosok pada bagian kepala

-Mengantuk tak seperti biasanya

-Menangis menjerit tak seperti biasanya

-kehilangan keseimbangan

-Sensitif terhadap cahaya atau suara bising

-Keluar cairan kuning dari hidung atau telinga bayi


Ketika bayi mengalami terjatuh dari tempat tidur lakukan langkah-langkah tersebut dan segera konsultasikan dengan ahli kesehatan untuk memastikan bayi anda baik-baik saja,namun jika kondisi bayi pasca terjatuh dianggap serius maka jangan mengabaikannya,karena jika diabaikan maka dampaknya akan sangat buruk bagi bayi,kemungkinan jika tidak ditangani dengan tepat akan menimbulkan gejala geger otak ..

-->