Tanda Tanda Gegar Otak Pada Balita Pasca Terbentur

Gegar otak adalah cedera otak yang yang disebabkan oleh benturan keras atau goncangan pada kepala atau tubuh bagian atas terguncang,yang dapat mempengaruhi fungsi atau kinerja otak yang bersifat sementara atau permanen,tergantung tingkat keparahan trauma pada otak.

Gegar otak bisa disebabkan beberapa trauma pada otak yang disebabkan oleh benturan keras pada kepala seperti kecelakaan saat berkendara,insiden pada saat olahraga dan insiden lain yang menyebabkan kepala terbentur keras.

Trauma otak sangat berbahaya jika tidak segera ditangani dengan tepat,terutama pada balita karena mereka belum dapat menyampaikan keluhannya secara detail pasca terjatuh,terutama pada bayi yang masih dibawah satu tahun.

Resiko selain gegar otak yang mungkin dapat terjadi pasca terjatuh ialah :

Merobek pembuluh darah

Retak pada tengkorak kepala

Kerusakan otak yang serius

Cara Budidaya Ikan Lele Pemula Hemat Pakan Dengan Hasil Menguntungkan

Gegar otak tidak menimbulkan tanda dan gejala secara langsung,namun dalam beberapa kasus biasanya gejalanya mulai muncul setelah beberapa jam atau bahkan bisa beberapa hari setelah terjatuh.

Gejala gegar otak pada umumnya sama untuk semua usia,namun gejala gegar otak pada balita dan anak anak ada beberapa tanda yang perlu diperhatikan untuk memastikan apakah mereka mengalami gegar otak.

Jika bayi anda mengalami terjatuh dari tempat tidur,beberapa perubahan yang merupakan gejala gegar otak pada bayi, hal yang harus diperhatikan sebagai berikut :

Menangis jika kepala bayi digerakan

Bayi menjadi rewel saat makan

Muntah

Terdapat benjolan pada area kepala bayi

perubahan pola tidur,lebih banyak tidur atau cenderung kurang tidur

Lebih banyak menangis dari biasanya

Perubahan mental seperti mudah marah



Gejala dan tanda geger otak pada balita diatas 2 tahun lebih mudah dikenali dengan perubahan prilaku yaitu :

-sering menggosok bagian kepala

-sulit untuk tidur

-terlihat mengantuk

-perubahan pola tidur

-hilang keseimbangan

-tampak bingung atau terlihat melamun

-mudah lupa

-sulit berkonsentrasi

-perubahan mental seperti mudah tersinggung,emosi atau mudah sedih

-sensitiv terhadap cahaya dan kebisingan

-lambat merespon pertanyaan


Jika anak anda terlihat seperti biasa pasca terjatuh kemungkinan anak anda baik-baik saja,anda tidak perlu khawatir meskipun terlihat benjolan kecil apabila anak anda tidak menunjukkan gejala-gejala tersebut.

Anak anda harus diperiksa ke pusat pelayanan kesehatan apabila menimbulkan tanda sebagai berikut:

-muntah muntah

-kehilangan kesadaran lebih dari 2 menit

-Sulit dibangunkan dari tidur

-kejang-kejang

Jika anda menemukan bintik hitam pada area mata anak anda pasca terjatuh,maka ini menunjukkan ada pembengkakan pada otakharus secepatnya ditangani oleh tenaga medis.

Meskipun tidak ada obat khusus untuk mengobati gegar otak,namun hal penting yang harus anda ketahui dalam pemulihan gegar otak ialah dengan mengurangi dari aktivitas fisik dan mental. Karena proses pemulihan gegar otak yang terbaik ialah dengan memperbanyak istirahat. Proses pemulihannya pun memerlukan waktu yang cukup lama bisa berbulan-bulan bahkan sebagian kasus dapat pulih setelah satu tahun.

Setelah pulih dari gegar otak,perlu perhatian khusus dan sangat penting untuk menjaganya dari insiden kedua kalinya,karena jika mengalami gegar otak kedua kalinya maka dapat menyebabkan kerusakan otak secara permanen.

Selalu konsultsikan dengan dokter Dalam masa pemulihan, jika sudah pulih dari gegar otak hindari anak dari penggunaan tv,tablet,smartphone dan sejenisnya,karena akan membuat otaknya bekerja keras yang dapat memicu resiko geger otaknya kembali kambuh.
-->