7 Jenis Buah Yang Baik Untuk Kesehatan Bayi Dan Ibu Hamil

Kehamilan dalam pernikahan merupakan yang paling dinantikan,bagi ibu muda yang baru merasakan hamil,tentunya khawatir dengan apa saja asupan yang baik untuk kesehatan dirinya dan bayi yang dikandungnya,.

Sejatinya diwaktu hamil kesehatan dan makanan ibu hamil pun perlu di perhatikan,nah untuk menjaga kesehatan ibu hamil tentunya makanan pun harus terkontrol dan terkendali.

Salah satu yang paling penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil ialah makan-makanan yang kaya akan vitamin,nutrisi dan makanan bergizi guna membantu perkembangan janin dan menjaga kesehatan ibu hamil.

7 Jenis Buah Yang Baik Untuk Kesehatan Bayi Dan Ibu Hamil

Selama masa kehamilan,nutrisi yang di butuhkan bayi dalam kandungan sangat bergantung pada asupan gizi dan nutrisi yang di konsumsi oleh ibu hamil,untuk memenuhi nutrisi ibu hamil tentunya perlu di perhatikan dengan asupan gizi seimbang,termasuk buah-buahan dan sayuran.

Jika saat kehamilan kebanyakan makanan junk food,maka sama halnya mengajarkan anak untuk kebiasaan makan buruk,cenderung lebih memilih makan yang tinggi lemak dan tinggi gula.

sebuah penelitian menunjukan bahwa bayi yang selama dalam kandungan menerima asupan gizi kurang tepat mengalami perubahan permanen dalam penyusunan fisiologi dan metabolisme bayi dalam rahim dan dapat memicu penyakit di kemudian hari

Manfaat buah-buahan dan sayuran untuk kehamilan

Buah-buahan dan sayuran merupakan nutrisi yang sangat penting pada masa kehamilan.Dengan vitamin,serat dan mineral akan memenuhi kebutuhan ibu dan bayi yang dikandungnya,makan buah dan sayur juga membantu mencegah sembelit yang merupakan hal umum dalam masa kehamilan.


Berikut saya rangkum 7 buah-buahan yang di sarankan saat masa kehamilan


1. Jeruk

7 Jenis Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Jeruk akan membantu menjaga dari dehidrasi saat kehamilan,jeruk kaya akan vitamin B9 yang akan membantu mencegah kerusakan pada otak dan sum sum tulang belakang dengan nama lain dikenal sebagai cacat tabung syaraf.

Jeruk merupakan sumber vitamin C atau antioksidan yang mencegah kerusakan pada sel dan membantu tubuh dalam menyerap zat besi.

2. Buah mangga


Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Mangga menjadi penunjang sumber vitamin C lainnya,mangga juga kaya akan vitamin A. Kekuranagan vitamin A saat masa kandungan,berisiko dengan melemahnya kekebalan tubuh,sehingga menimbulkan komplikasi seperti diare dan gangguan saluran pernapasan.

3. Alpukat

7 Jenis Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil


Alpukat memiliki asam folat lebih banyak,diantaranya :vitamin C,vitamin A,vitamin K,serat,kolin,magnesium,kalium,zat besi. Alpukat dengan unsur potasium dan magnesiumnya mampu meredakan mual,kalium juga dapat membantu meringankan kram pada kaki yang merupakan hal yang biasa terjadi pada masa kehamilan.

Kolin juga sama pentingnya pada masa kehamilan,untuk perkembangan otak dan syaraf pada bayi didalam kandungan,kekurangan kolin dapat menyebabkan cacat saraf dan kerusakan pada otak secara permanen.

4. Lemon

7 Jenis Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Lemon merupakan pereda mual paling bagus pada masa kehamilan,karena sifatnya yang kaya akan vitamin C untuk melancarkan pencernaan sehingga mampu meredakan sembelit.

5. Pisang

7 Jenis Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil


Pisang mengandung vitamin B-6,vitamin C dan serat,dengan mengkonsumsi pisang dapat membantu meringankan mual dan muntah pada masa ngidam.

6.Berry


7 Jenis Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil


Buah berry kaya akan kandungan karbohidrat,vitamin C,serat dan folat dan kaya akan nutrisi.Karbohidrat merupakan asupan sangat penting. Pada masa kehamilan karbohidrat harus mencapai 50-60 persen. namun bukanlah karbohidrat yang ada pada makanan olahan melainkan karbohidrat alami seperti yang terkandung dalam buah berry.

Berry tidak di rekomendasikan untuk kehamilan yang punya riwayat diabetes.

7. Apel



7 Jenis Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil


Apel merupakan buah yang kaya akan serat,vitamin A,vitamin C dan mengandung potaium yang sangat baik untuk kesehatan tubuh,otot dan kesehatan jantung dan lainnya.Banyak manfaat bagi bayi jika rutin mengkonsumsi buah apel pada masa kehamilan dan menyusui.


Jadi kesimpulannya,para ahli merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya gizi dan nutrisi pada masa kehamilan untuk pekembangan bayi dalam kandungan.

Semoga bermanfaat.
-->