8 Gejala Keracunan Makanan Dan Pertolongan Pertama Pada Keracunan makanan

Keracunan makanan dapat menyebabkan masalah serius jika tidak ditangani dengan tepat,ada baiknya jika mengetahui gejala,perawatan dan penyebabnya.

Keracunan makanan juga bisa terdampak dari rutinitas sehari-hari mulai dari makananan,air,tidak mencuci bahan bahan yang akan di masak dan kebiasaan tidak cuci tangan sebelum makan.

Keracunan makanan adalah efek dari mengkonsumsi makanan yang sudah ter-kontaminasi bakteri atau makanan yang sudah basi.

8 Gejala Keracunan Makanan Dan Pertolongan Pertama Pada Keracunan makanan


Makanan yang mudah terkontaminasi diantaranya ialah :

-Daging mentah
-Telur
-Susu

Makanan mudah terkontaminasi jika tidak di masak atau disimpan dengan benar. Makanan yang di makan mentah,seperti sushi atau produk ikan lainnya yang disajikan mentah atau kurang matang cenderung menyebabkan keracunan makanan.

Perlu diperhatikan untuk bayi dan orang orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah seperti yang memiliki penyakit diabetes,gagal ginjal,jantung,kanker dan HIV sangat rentan keracunan makanan.

Penyebab keracunan makanan

Keracunan makanan disebabkan oleh makanan yang sudah terkontaminasi 3 hal berikut :

1. Bakteri
Ada tiga jenis bakteri yang berbahaya bagi kesehatan yaitu : E coli,listeria dan salmonella.

2. Parasit

Keracunan makanan yang di sebabkan oleh parasit tidak seperti keracunan yang di sebabkan oleh bakteri pada makanan,namun parasit tetap berbahaya bagi tubuh. Parasit toskoplasma terdapat pada kotoran kucing,parasit ini dapat hidup dalam pencernaan tanpa terdeteksi,sangat berbahaya jika parasit tersebut menetap di usus mereka orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah dan wanita hamil.

3. Virus

Keracunan makanan yang disebabkan oleh virus bisa berakibat fatal terutama virus hepatitis A yang dapat menular melalui makanan.

Gejala keracunan makanan bervariasi tergantung pada dampak infeksinya. Munculnya gejala keracunan tergantung pada dampak infeksi akibat bakteri tersebut,gejalanya biasanya dirasakan mulai dari mulai 1 jam hingga 28 hari.

Gejala pada keracunan makanan yang muncul diantaranya :

1. Kram pada perut
2. Muntah
3. Diare
4. Kehilangan selera makan
5. Demam ringan
6. Badan lemas
7. Mual
8. Sakit kepala

Keracunan makanan yang gejalanya demikian biasanya masih bisa ditangani dirumah,jika ditangani dengan tepat biasanya akan sembuh dalam 3 hingga 5 hari.

Bagi penderita keracunan makanan,pertolongan pertama pada orang yang keracunan makanan ialah dengan banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung elektrolit untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

8 Gejala Keracunan Makanan Dan Pertolongan Pertama Pada Keracunan makanan

Berikan Jus buah dan air kelapa muda untuk memulihkan karbohidrat dan mengatasi kelelahan pasca keracunan makanan. Gejala keracunan makanan ini biasanya akan sembuh dalam tiga hingga lima hari.

Gejala keracunan makanan dapat berakibat fatal jika tidak ditangani dengan tepat. Perlu perawatan yang serius jika penderita mengalami gejala sebagai berikut :

1. Diare lebih dari tiga hari

2. Suhu badan lebih dari 101,5 derajat

3. Kesulitan melihat dan bicara

4. Dehidrasi drastis seperti mulut kering,kencing sedikit atau cenderung tidak keluar

5. Urin bercampur darah


Berikut ini makanan yang harus di hindari saat keracunan makanan :

-susu dan keju
-makanan belemak
-makanan dengan kadar gula tinggi
-makanan pedas
-gorengan



-->