Resep Makanan Bergizi Untuk Bayi Enam Bulan

Anak adalah titipan terindah yang di titipkan Tuhan pada kita,sebagai orang tua tentunya kesehatan bayi adalah hal yang selalu di perhatikan,apalagi bagi mereka yang baru punya bayi pertama kali,tentunya banyak hal yang ditakutkan akan asupan makananan yang diberikan.

ASI merupakan nutrisi yang paling baik untuk bayi,jika pun ingin beralih ke susu formula sebaiknya usia bayi sudah menginjak usia 6 bulan. Seringkali ada bayi yang baru berusia 3 atau 4 bulan sudah di kasih makananan penunjang dan sebenarnya bukanlah waktu yang tidak tepat dengan alasan pencernaan bayi masih sensitiv.

Sesuai dengan rekomendasi dokter atau bidan bahwa memberikan makananan penunjang pada bayi sebaiknya pada saat bayi sudah berusia 6 bulan,karena jika lebih dari 6 bulan juga akan berdampak buruk pada pola makannya saat besar nanti.




Resep Makanan Bergizi Untuk Bayi Enam Bulan

Kali ini kita akan membahas makanan yang tepat untuk bayi yang baru berusia 6 bulan.

Perlu di perhatikan bahwa asupan ASI atau susu formula adalah sumber utama asupan nutrisi paling penting bagi bayi,sedangkan makanan padat hanyalah penunjang pada usia tersebut.

Pada umumnya makanan pertama yang dikenalkan pada bayi yang berusia 6 bulan ialah nasi,bubur tim atau biskuit yang di rekomdasikan untuk bayi,yang disarankan adalah pengenalan pada biskuit karena sifatnya yang kaya akan zat besi sesuai yang dibutuhkan bayi pada usia tersebut.


Resep Makanan Bergizi Untuk Bayi Enam Bulan

Sebagian bayi kemungkinan tidak secara langsung menyukai makanan penunjang tersebut,namun harus di upayakan sampai bayi benar benar mau memakannya.Mulailah dengan cara biskuit yang diencerkan,berikan secara perlahan sampai bayi menyukainya,jika bayi mulai menyukainya kurangi kadar air sehingga agak kental,jika sudah terbiasa berikan 3 hingga 4sendok setiap kali menyusui.


Setelah bayi mengkonsumsinya secara rutin hingga mulai menyukai biskuit,setelah satu atau dua minggu cobalah menyusui bayi dua kali sehari,kemudian beri penunjang lain seperti bubur tim.

Disisi lain anda dapat mencoba makanan bayi secara tradisional,yaitu dengan pisang atau alpukat yang cocok untuk pencernaan bayi.Saat mengenalkan makanan baru pada bayi,sebaiknya coba berikan selama 3 hari berturut-turut,untuk mengidentifikasi makanan mana yang alergi terhadap bayi.

Perlu diketahui kebiasaan makan anak,tergantung pada saat pengenalan makanan pada waktu masih bayi.Riset membuktikan bahwa bayi yang jarang makan sayur dan buah dalam periode 6-12 bulan kemungkinan pada saat besar nanti akan cenderung tidak menyukainya.


Makanan yang tidak boleh diberikan pada bayi

Ada beberapa asupan yang tidak boleh di berikan pada bayi dibawah umur satu tahun,berikut penjelasannya :

- Madu alami,memberikan madu pada bayi dibawah satu tahun dapat menyebabkan botulisme atau keracunan.

-Susu sapi,bayi yang berumur di bawah enam bulan tidak boleh di berikan susu sapi murni ataupun olahan,sebab pencernaan bayi masih rentan akan bakteri yang dapat menyebabkan pendarahan pada kotorannya.
-Makanan utuh,saat anda ingin mengenalkan buah dan sayur pada bayi sebaiknya dihaluskan dulu,sebab jika diberikan makanan secara utuh berakibat tersedak.
-Ikan yang mengandung merkuri tinggi seperti ikan tuna salah satunya,yang lebih aman untuk bayi adalah ikan salmon.



Resep Makanan Bergizi Untuk Bayi Enam Bulan


Jadi kesimpulannya memberi makanan penunjang pada bayi merupakan langkah pengenalan awal pada bayi membantu mencegah alergi terhadap makanan,perlu di ingat bahwa pengenalan makanan pada bayi harus di lakukan secara perlahan dan bertahap. Konsultasikan dengan dokter apabila bayi mengalami masalah Kesehatan pada masa pemberian asupan penunjang.

semoga bermanfaat
-->