Hindari 5 Makanan Olahan Ini, Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Dan Kecerdasan Anak

Daftar isi:




Cara Budidaya Ikan Lele Pemula Hemat Pakan Dengan Hasil Menguntungkan

Tahukah anda beberapa cemilan yang banyak disukai kalangan anak-anak membahayakan kesehatan mereka?

Banyak jenis makanan dan jajanan yang dapat mengganggu perkembangan dan mengancam kesehatan anak. Makanan yang diproses dengan cara digoreng dalam suhu tinggi ternyata tidak baik untuk kesehatan terutama pada anak-anak,dengan ditambahkannya bumbu penguat rasa,gula,pewarna dan pengawet menjadi pemicu utama penyakit.

Cara Budidaya Ikan Lele Pemula Hemat Pakan Dengan Hasil Menguntungkan

Konsumsi cemilan yang banyak mengandung gula rafinasi juga dapat menimbulkan risiko penyakit diabetes tipe 2, jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka waktu panjang.

Meskipun mereka menyatakan aman untuk dikonsumsi,namun sebuah penelitian menemukan bahwa banyak makanan olahan yang mengandung tinggi kadar gula dan kadar lemak.

Berdasarkan Data WHO

:

• Sekitar 2 juta korban meninggal dunia setiap tahunnya akibat
makanan dan minuman yang tidak aman, terutama anak-anak.

• Sekitar 1,5 juta anak meninggal di dunia setiap tahunnya, sebagian
besar karena makanan dan minuman yang tercemar

• Di seluruh dunia setiap tahunnya dapat terjadi sekitar 1.5 miliar
gangguan kesehatan karena makanan (food borne disease).

• Makanan dapat mengandung bakteri, virus, parasit, atau bahan
kimia yang berbahaya yang bertanggung jawab atas lebih dari 200
jenis penyakit.

• Gangguan kesehatan dapat berupa diare, gangguan lambung,
meningitis, hepatitis A, bahkan kanker dan kematian


Sebaiknya hindari makanan olahan yang berbahaya untuk pertumbuhan anak setidaknya pencegahan dini dari resiko penyakit diabetes dan penyakit kronis lainnya untuk masa depannya.

Berikut beberapa

Makanan Yang Tidak Sehat Untuk Anak




1.Sereal

Sereal yang dipasarkan untuk anak-anak mengandung banyak gula dan zat tambahan. Penelitian dari salah satu sereal yang terkenal akan manfaat untuk kesehatan,menemukan fakta bahwa satu mangkok sereal tersebut mengandung banyak gula.
Untuk menu sarapan yang sehat untuk anak anda,menggantinya dengan oatmeal solusi sarapan sehat.

Makanan dapat merusak kesehatan apabila dikonsumsi berlebih dan resiko penyakit disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Dengan membatasi makanan yang tidak sehat setidaknya anda mengurangi resiko penyakit pada anak anda dimasa mendatang.

2.Yogurt

Yogurt merupakan prebiotik kuat yang dapat membantu mengatasi masalah perut yang disebabkan oleh bakteri jahat. Yogurt juga mengandung magnesium,kalsium,vitami-B dan kalium yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun kebanyakkan yogurt dari produk kemasan,mengandung banyak gula yang tentunya tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebih terutama pada anak-anak.



Yogurt buatan sendiri lebih bermanfaat untuk kesehatan dengan menambahkan madu sebagai pemanis alami yang menyehatkan anak-anak,karena hanya mengandung karbohidrat 11 gram. Dibandingkan dengan yogurt kemasan 6 ons yang mengandung 20 gram gula dan 28 gram karbohidrat pada satu cangkir yogurt.

3.Nugget ayam dan sosis

Nugget ayam juga makanan yang digemari anak-anak. Sebagian produk mengatakan nugget terbuat dengan ayam asli dan produknya aman untuk dikonsumsi,namun faktanya mengandung banyak sodium yang dapat mempengaruhi tekanan darah dan sangat buruk untuk kesehatan,kandungan dektrosa dapat meningkatkan resiko diabetes,kandungan gluten yang dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat,sebagian besar dari mereka menggoreng nugget dengan minyak terhidrogenasi (margarin) yang merupakan minyak yang mengandung lemak trans yang dapat menjadi penyebab obesitas.

Solusi cemilan nugget yang sehat adalah dengan membuatnya sendiri dirumah,dengan cara mencelupkan potongan ayam pada telur kemudian campurkan pada bubuk roti kemudian panggang sampai matang.

4.Pasta Kemasan


Cara Budidaya Ikan Lele Pemula Hemat Pakan Dengan Hasil Menguntungkan


Keju makaroni,spaghetti kalengan dan mie ramen tentunya sudah tidak asing lagi dikalangan anak-anak dan remaja.

Namun sayangnya cemilan yang satu ini memiliki pengaruh buruk terhadap kesehatan, dari sebuah riset menjelaskan bahwa kandungan zat kimia berbahaya yang dikenal dengan nama phthalate ditemukan dalam makanan olahan ini. Sebagian besar ditemukan pada jenis makanan olahan makaroni dan keju,kadar tinggi ditemukan dalam bumbu penguat rasa.

Secara ilmiah zat ini dapat mempengaruhi hormon,dan bukan hanya bahan kimia saja yang terkandung dalam makanan tersebut. Dalam satu mangkok makaroni keju mengandung 350 kalori,10 gram kolestrol,570 mg natrium,47 g karbohidrat dan 6 gram gula.

Langkah amannya dengan membuatnya sendiri sesuai kreasi anda dengan bumbu yang terkontrol.

5. Jus




Jika anda berfikir dengan memberikan jus buah-buahan pada anak-anak akan mendapatkan nutrisi lebih. Faktanya buah-buahan yang diproses dengan pemerasan atau dijus malah sedikit nutrisi yang didapat.

Hal ini terjadi karena pada saat proses pemerasan dan pengemasannya dengan menambahkan gula,hal inilah yang menghilangkan nutrisi dan serat alami yang terkandung pada buah-buahan,termasuk vitamin dan mineral alami dari buah-buahan.

Sebaiknya untuk mendapatkan nutrisi dari buah-buahan secara utuh maka sebaiknya mengajarkan konsumsi buah-buahan secara utuh pada anak-anak.


Kesimpulan

Makanan yang berkualitas tinggi sangat penting dalam pertumbuhan anak untuk menjamin bahwa anak akan mencapai berat dan tinggi badan yang optimal. Makanan yang terlalu berlemak, atau mengandung kadar gula, biasanya tidak kaya dengan vitamin, dan mineral atau zat gizi penting lainnya yang dapat mengakibatkan anak memiliki berat badan berlebihan dan tidak proporsional dengan tinggi badannya.
-->