7 Jenis Makanan Ini Membahayakan Jiwa Penderita Pradiabetes,Apa Saja Makanan Pantangan Tersebut?

Diabetes mellitus itu apa?

Diabetes mellitus adalah gangguan masalah kesehatan serius yang sering dikaitkan dengan komplikasi akut dan kronis. Selain itu, bukti epidemiologis menunjukkan bahwa orang yang memiliki riwayat diabetes dapat meningkatkan 2 kali lebih berisiko terkena berbagai jenis kanker.

Beberapa penelitian menemukan keterkaitan diabetes yang berdampak pada risiko kanker hati,kanker pankreas,kanker rahim,kanker usus besar (rektum),kanker payudara dan kanker kandung kemih. Angka kematian yang disebabkan oleh penyakit diabetes juga kian terus meningkat.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker pada penderita diabetes pada umumnya ialah faktor usia,peningkatan berat badan yang signifikan(obesitas),aktivitas fisik dan merokok dapat mempengaruhi peningkatan risiko kanker pada penderita diabetes.

Prediabetes adalah kondisi kadar gula darah melebihi kadar normal,namun belum dikategorikan kedalam diabetes meski demikian penderita prediabetes bisa mengalami diabetes tipe 2 jika tidak segera merubah gaya hidupnya.

Ketika itu terjadi pada anda,segera konsultasikan dengan dokter untuk mengontrol kdar gula dalm darah anda,karena jika tidak ditangani dengan tepat maka berisiko penyakit jantung,ginjal,pankreas dan stroke.

Jika anda sudah didiagnosis pradiabetes,anda harus segera mengubah gaya hidup anda,pun bisa mengendalikan pradiabetes sepenuhnya. Kelebihan berat badan jadi salah satu pemicu pradiabetes,dengan mengurangi berat badan 10-15 kg saja sangat berpengaruh pada sensitivas insulin dan kontrol gula darah.


7 Jenis  Makanan Ini  Membahayakan Jiwa Penderita Pradiabetes,Apa Saja Makanan Pantangan Tersebut?



Untuk mengatasi pradiabetes adalah dengan cara mengatur pola makan dan menghindari seluruh makanan yang dapat memicu diabetes,memang terasa sulit namun jika dengan tekad kuat berarti anda menyanyangi kesehatan anda.

Berikut 7 makanan yang harus di hindari oleh penderita pradiabetes.


1. Makanan manis


7 Jenis  Makanan Ini  Membahayakan Jiwa Penderita Pradiabetes,Apa Saja Makanan Pantangan Tersebut?

Diabetes adalah suatu kondisi ketika hormon insulin tubuh terganngu oleh kadar gula dalam sel darah dan tidak dapat lagi di proses menjadi energi.

Gula memang diperlukan dalam tubuh,namun bagi penderita pradiabetes makanan manis harus terkontrol dengan cara membatasi makanan manis berlebih,untuk menghindari lonjakan kadar gula dalam darah yang membahayakan kesehatan. Buah-buahan di sarankan untuk penderita pradiabetes karena kandungan serat dan gula alaminya terkontrol dalam darah.

2. Jus buah-buahan

7 Jenis  Makanan Ini  Membahayakan Jiwa Penderita Pradiabetes,Apa Saja Makanan Pantangan Tersebut?


Meskipun buah aman untuk penderita pradiabetes namun tidak disarankan untuk mengkonsumsinya dengan cara di jus,karena jika di jus,kandungan serat dalam buah akan hilang. Kadar gula dalam jus lebih berisiko dibanding dengan buah utuh.

3. Nasi Putih dan Tepung gandum

7 Jenis  Makanan Ini  Membahayakan Jiwa Penderita Pradiabetes,Apa Saja Makanan Pantangan Tersebut?Makanan Pemicu Diabetes tipe 2" />

Makanan yang tidak manis juga mengandung kadar gula yang berisiko,bagi penderita pradiabetes,makanan tersebut seperti beras,gandum yang di haluskan,karena proses yang menghilangkan serat alami,mineral dan vitamin dari beras atau gandum. Sehingga mudah di serap tubuh dan berpengaruh dengan cepat terhadap kadar gula dalam darah.

Bagi penderita pradiabetes sangat di anjurkan untuk menghindari makanan seperti roti,nasi putih dan makanan lain yang terbuat dari tepung gandum atau tepung beras. Lebih disarankan beralih ke nasi dari beras merah.

4. produk susu tinggi lemak

7 Jenis  Makanan Ini  Membahayakan Jiwa Penderita Pradiabetes,Apa Saja Makanan Pantangan Tersebut?


Diabetes dapat memicu komplikasi berbagai penyakit pada penderitanya,diantaranya penyakit jantung bawaan dan kardiovaskuler(penyakit jantung akibat tekanan darah tinggi). Kolestrol tinggi juga merupakan pemicu utama penyakit jantung,dan kolestrol dihasilkan dari susu berlemak tinggi. Sebaiknya penderita pradiabetes menghentikan kebiasaan mengkonsumsi produk susu tinggi lemak,seperti yogurt,es krim,keju,mentega.
Ada lemak yang aman di konsumsi,alpukat bisa jadi alternatif asupan lemak bagi penderita pradiabetes,namun tetap harus teratur dan terkontrol.

5.Makanan Yang Melalui Proses Penggorengan

7 Jenis  Makanan Ini  Membahayakan Jiwa Penderita Pradiabetes,Apa Saja Makanan Pantangan Tersebut?

Penderita pradiabetes harus menjauhi makanan yang di masak dengan di proses dengan penggorengan,karena sifatnya yang mengandung lebih banyak lemak dan kalori yang dengan cepat masuk kedalam sel darah sehingga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Jenis makanan yang digoreng memilki pengaruh berbeda dalam meningkatkan kadar gula dalam darah,misalnya : kentang goreng lebih cepat meningkatkan gula darah dibanding ayam goreng,karena kandungan kentang goreng lebih tinggi karbohidrat,sedangkan ayam lebih tinggi protein,meskipun demikian kedua makanan tersebut tidak aman untuk penderita pradiabetes.

6. Alkohol

7 Jenis  Makanan Ini  Membahayakan Jiwa Penderita Pradiabetes,Apa Saja Makanan Pantangan Tersebut?

Meskipun ada metode penyembuhan diabetes dengan minum alkohol tertentu seperti red wine,namun perlu di ingat ini hanya metode penyembuhan saja,bukan untuk mabuk-mabukan dan harus di minum sesuai anjuran yang di rekomdasikan pakar kesehatan yaitu 3 kali dalam seminggu,sebab jika di konsumsi berlebih maka hanya akan menambah resiko tinggi terkena diabetes.

Penelitian membuktikan bahwa pecandu alkohol lebih berisiko terkena diabetes,alkohol dapat mempengaruhi jauh lebih tinggi pada kadar gula dalam darah,alkohol juga dapat merusak hati,ginjal dan pankreas.

7. Daging Merah berlemak

7 Jenis  Makanan Ini  Membahayakan Jiwa Penderita Pradiabetes,Apa Saja Makanan Pantangan Tersebut?

Penelitian Kesehatan membuktikan bahwa konsumsi daging merah atau daging olahan dapat meningkatkan resiko diabetes disebabkan akan penolakan insulin. Nitrat dalam daging olahan diketahui dapat berdampak negatif pada pankreas yang merupakan penghasil insulin yang di butuhkan dalam tubuh untuk meresap kadar gula dalam darah.


-->