7 Makanan Yang Merusak Jaringan Otak Dan Turunkan Daya Ingat

Otak mempunyai peran penting dalam tubuh yang merupakan pusat sistem saraf pada vertebrata yang terdiri atas 100 juta sel

Otak fungsi otak adalah untuk mengendalikan sebagian besar pergerakan tubuh termasuk berperan penting untuk mengatur keseimbangan cairan tubuh,detak jantung,fungsi pengenalan,emosi,ingatan dan lainnya .


Banyak faktor yang dapat merusak Jaringan Otak Dan Turunkan Daya Ingat. Pola hidup yang tidak teratur dan pola makan tidak sehat dapat menimbulkan banyak penyakit termasuk gangguan pada otak.


7 Makanan Yang Merusak Jaringan Otak Dan Turunkan Daya Ingat


Jika daya ingat mulai menurun,mudah lupa atau sulit berkonsentrasi, kemungkinan jaringan otak mulai mengalami kerusakan,dengan demikian sebaiknya anda harus lebih mengontrol asupan makan anda. hindari 7 Makanan Yang Merusak Jaringan Otak Dan Turunkan Daya Ingat berikut yang dapat merusak fungsi otak.

1. Makanan Yang Mengandung Lemak Trans Terhidrogenasi

7 Makanan Yang Merusak Jaringan Otak Dan Turunkan Daya Ingat


Lemak trans secara alami terdapat pada produksi yang di hasilkan dari hewani seperti daging dan susu.

Namun yang berbahaya bukanlah lemak trans dari sumber tersebut,melainkan lemak trans yang terdapat pada makanan yang di proses dengan pemakaian minyak terhidrogenasi seperti pada cemilan,kue,makanan kaleng dan minuman krim.

Riset membuktikan bahwa jika makanan tersebut jika dikonsumsi dalam jumlah besar berisiko tinggi terkena alzheimer(kegagalan memori otak) dan demensia(perubahan cara berpikir dan berinteraksi yang di sebabkan oleh alzheimer),gangguan kognitif dini,volume otak yang lebih rendah dan daya ingat yang buruk.

2. Makanan cepat saji dan makanan olahan kemasan

Mengonsumsi makanan olahan cepat saji atau makanan yang dikemas untuk jangka waktu panjang berisiko kerusakan pada jaringan otak, karena nutrisi pentingnya digantikan dengan gula,garam dan lemak.

Jika dikonsumsi berlebih maka lemak akan menumpuk pada organ vital sehingga dapat mempengaruhi fungsi otak seperti kerusakan jaringan otak,pengurangan volume otak,penghalang fungsi darah otak membran yang melindungi otak dari zat berbahaya.

3. Ikan Tinggi Merkuri

Cara Budidaya Ikan Lele Pemula Hemat Pakan Dengan Hasil Menguntungkan


Pada umumnya nutrisi dan vitamin dari ikan memang diperlukan oleh tubuh,namun yang disarankan ikan yang mengandung omega 3,magnesium,Vit.B12,zat besi dan zing.

Jenis ikan yang mengandung merkuri tinggi ialah seperti ikan tuna,ikan tenggiri,hiu,ikan todak dan ikan tombak. Jenis ikan ini merupakan ikan yang berumur panjang dan predator ikan lain yang mengandung merkuri rendah,sehingga dagingnya mengandung merkuri tinggi yang merupakan kontaminan logam berat dan racun neurologis.

Sebaiknya mengonsumsi jenis ikan ini dikurangi atau dihindari untuk mencegah gangguan pada fungsi neurotransmiter(asam amino,asam asparpat,asam glutamat) pada otak.

4. Pemanis Buatan(aspartam)

Pemanis aspartam banyak digunakan pada produk minuman soda dan permen, meskiipun pemanis jenis aspartam dinyatakan aman namun harus tetap mewaspadai jika di konsumsi berlebih.

Penelitian membuktikan bahwa orang yang banyak mengonsumsi minuman atau permen yang mengandung pemanis jenis aspartam cenderung lebih mudah tersinggung dan tertekan.

5. Minuman Beralkohol

Dengan mengonsumsi alkohol berlebihan secara terus menerus dapat menciutkan otak dan mengganggu neurotransmiter yang digunakan otak.

Pecandu alkohol cenderung kekurangan vit.B1 yang dapat menyebabkan pengembangan sindrom korsakoff. Sindrom ini dapat menyebabkan kerusakan parah pada otak,ketidakstabilan,kehilangan memory,kebingungan dan penglihatan kabur.

6. Makanan Karbohidrat olahan


Cara Budidaya Ikan Lele Pemula Hemat Pakan Dengan Hasil Menguntungkan



Makanan yang terbuat dari karbohidrat olahan(tepung halus) merupakan glikemik tinggi yang dapat meningkatkan gula darah,karena melalui proses pemurnian yang menghilangkan serat dan nutrisi dari biji asli.

Dari penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi karbohidrat olahan mendapatkan skor lebih rendah pada tes kecerdasan, dan orang dewasa dengan asupan kalori karbohidrat olahan lebih dari 50% lebih berisiko cepat terkena demensia(pikun) dan kerusakan pada mental.

7. Minuman Manis

Terlalu banyak mengonsumsi minuman manis seperti minuman berenergi,minuman yang mengandung soda dan jus dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti diabetes tipe 2,tekanan darah tinggi,kolestrol dan penyakit demensia.

Riset membuktikan bahwa asupan fruktosa yang tinggi dan pemanis pekat pada produk minuman dapat menyebabkan berkurangnya daya ingat,mengurangi kemampuan belajar,mengurangi fungsi otak dan pembentukan neuron baru pada otak yang dapat menyebabkan peningkatan peradangan pada otak dan mempengaruhi fungsi otak secara keseluruhan.

Sebaiknya konsultasikan dengan tenaga kesehatan apabila menemukan gejala serius yang berkaitan dengan kesehatan otak.



Investasikan kesehatan anda dimasa mendatang Dengan mengurangi 7 makanan tersebut otak anda akan terlindungi dari risiko penyakit alzhemeir dan demensia dapat dikurangi,pola makan anda sangat berpengaruh pada kesehatan anda,jika pola makan sehat dan teratur masa tua anda akan terhindar dari berbagai penyakit.




-->