13 Tips Alami Yang Efektif Untuk Mengatasi Depresi

Daftar isi:







Tips Pengobatan untuk penderita depresi


Penderita depresi harus mendapatkan perawatan yang tepat untuk mendapatkan penyembuhan yang maksimal. Untuk hal merawat penderita depresi perlu perhatian khusus dan dukungan dari semua pihak keluarga maupun lingkungan. Untuk proses pemulihan dari depresi tidak cukup hanya satu metode saja,bergantung pada tingkatan gejalanya.

Jika didiagnosis depresi mayor(berat),dokter akan menyarankan penggabungan antara metode medis dan metode herbal atau terapi.

Penyembuhan Depresi melalui metode obat-obatan kimia dalam jangka waktu panjang dengan dosis tinggi akan menyebabkan efek samping dan menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Metode terapi dapat menjadi alternatif untuk mengkobinasikannya dengan medis,namun harus sesuai anjuran dokter karena beberapa jenis obat herbal ada yang tidak cocok dengan obat medis.

13 Tips Alami Yang Efektif Untuk  Mengatasi Depresi



Beberapa metode penyembuhan untuk penderita depresi


Banyak cara dan metode untuk penyembuhan depresi,berikut ini diantaranya :

Metode medis


Untuk penanganan yang terbaik utamakan berkonsultasi dengan tenaga medis,agar gejalanya dapat ditinjau untuk memastikan tingkatan deoresi pada penderita,dengan demikian dokter akan memberikan informasi tentang obat yang tepat,seperti obat antidepresan,anti ansietas atau anti psikotik.

Metode Terapi


Terapi Cahaya

Terapi cahaya adalah metode pengobatan melalui gelombang cahaya buatan dari ultraviolet,dengan metode terapi cahaya dapat membantu menenangkan suasana hati.

Psikoterapi

Psikoterapi adalah serangkaian metode berdasarkan ilmu psikolog yang digunakan untuk mengatasi gangguan jiwa atau merehabilitas mental seseorang.

Metode psikoterapi dapat membantu penderita untuk mengasah keterampilan,mengatasi perasaan negatif,,mengurangi tekanan emosi,memodifikasi struktur kognisi,mengubah lingkungan sosial,mengubah kondisi fisik,mengubah kesadaran diri,mengubah kebiasaan,mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan hubungan interpersonal.

Terapi akan efektif jika adanya pemulihan interpersonal,pertumbuhan personal,adanya keterampilan meminimalisir dan mentolerir stress.


Terapi tradisional

Jika menggunakan metode terapi alternatif seperti terapi akupuntur atau meditasi dan beberapa ramuan atau suplemen,juga menjadi alternatif untuk mengatasi depresi,namun jika anda ingin menggabungkannya dengan obat-obatan resep dokter sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Karena ramuan atau suplemen yang dikombinasikan dengan obat-obatan tertentu dapat mengurangi keefektifan obat.

Olahraga

Untuk mengatasi depresi,para ahli menyarankan untuk berolahraga dengan durasi 30 menit setiap hari. Dengan berolahraga rutin dapat meningkatkan produksi endorfin dalam tubuh,endorfin memiliki fungsi mencegah dan menstabilkan emosi,membuat perasaan senang,tenang dan untuk kekebalan tubuh.

Hindari alkohol dan narkoba

Pemakaian narkoba,obat-obatan terlarang dan minuman beralkohol dapat memicu depresi, zat-zat yang terkandung dalam narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan dan mental sehingga resiko tinggi terkena depresi.



metode obat tradisional dan suplemen


Vitamin

Vitamin sangat penting untuk tubuh termasuk untuk otak,dua jenis vitamin yang dapat mengurangi depresi yaitu,vitamin B-12 dan B-6 sangat penting bagi otak,kekurangan kadar vitamin B berisiko terkena depresi.

Vitamin D,vitamin D sangat penting untuk kesehatan jantung,otak dan tulang. Penderita depresi harus lebih banyak mendapatkan vitamin D.

Beberapa suplemen untuk depresi

Selain dengan terapi mengatasi depresi juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi suplemen,namun jika ingin dikombinasikan dengan obat resep sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk langkah aman.

Ada beberapa jenis suplemen yang memiliki dampak positif untuk mengatasi depresi,antara lain :


St. John's Wort

13 Tips Alami Yang Efektif Untuk  Mengatasi Depresi


St. John's Wort adalah tanaman yang berbunga kuning yang biasa digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional di eropa untuk pengobatan depresi.

Namun st. john Wort juga digunakan sebagai teh,pil,salep dan balsem untuk mengobati nyeri saraf dan malaria namun yang lebih umum tanaman ini digunakan untuk mengatasi depresi.

S-adenosyl-L-methionine(SAM-e)

Senyawa ini pernah diuji coba dalam sebuah penelitian dalam mengurangi gejala depresi,namun reaksi yang baik terhadap depresi ditunjukkan oleh penderita yang mengonsumsi selective serotonin reuptake inhibitor(SSRIs) yang merupakan golongan obat tradisional yang digunakan sebagai antidepresan yang digunakan untuk penderita depresi mayor.

5-Hydroxytryptophan(-HTP)

5-HTP atau oxitriptan adalah asam amino dan prekursor alami yang terjadi secara alami saat mengkonsumsi 5-HTP yang dapat meningkatkan kadar serotonin pada otak yang dapat meredakan gejala depresi.

Asam lemak omega-3

Lemak esensial ini sangat berpengaruh dalam perkembangan neurologis dan kesehatan otak,dengan konsumsi lemak omega-3 membantu meredakan gejala depresi.


Minyak esensial

Minyak atsiri merupakan obat yang terkenal dalam mengatasi berbagai penyakit,namun pada depresi belum menunjukkan hasil yang maksimal,namun dengan minyak esensial lainnya mungkin bisa jadi alternatif,seperti :

.Jahe liar, Menghirup aroma kuat jahe ini dapat mengaktifkan reseptor serotonin pada otak dan dapat memperlambat pelepasan hormon pemicu stres.

.Jeruk bergamot,minyak esensial dari enis jeruk ini telah terbukti dapat mengurangi kecemasan pada pasien saat mau dioperasi,efek yang sama juga dapat membantu mengurangi kecemasan pada penderita depresi.


Terapi ini biasanya digunakan pada penderita depresi musiman akibat kurangnya terkena sinar matahari pada musim dingin. Cara mengatasi depresi dengan terapi cahaya sangat efektif terlebiih jika dikombinasikan dengan antidepresan


Banyak metode untuk penyembuhan depresi seperti melalui medis,terapi,obat herbal,suplemen,minyak esensial yang dapat meringankan gejala depresi,namun harus tetap berkonsultasi dengan tenaga medis jika dikombinasikan obat medis dengan suplemen atau herbal, untuk penyesuaian dosis,gejala dan rekomendasi obat resep yang tepat.
-->