Translate

Hamil Muda? Berikut Daftar Makanan Sehat Yang Wajib Diketahui




Pentingnya nutrisi untuk kehamilan


Makanan sehat

menjadi syarat penting untuk ibu hamil muda maupun hamil tua,pentingnya asupan nutrisi seimbang yang berperan penting untuk memelihara kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin,serta lingkungan yang terbebas dari polusi dan pencemaran lingkungan, supaya perkembangan janin terjaga dengan baik. Berdasarkan teori "program awal kehidupan" gaya hidup dan faktor lingkungan berpengaruh terhadap risiko peningkatan dikemudian hari yang dapat mempengaruhi kesehatan keluarga dalam jangka panjang.

Masa kehamilan membutuhkan peningkatan keseimbangan vitamin,mineral dan nutrisi,hal ini untuk mencegah gangguan pada janin dan memelihara performa tubuh untuk kehamilan yang sehat. Asupan makanan yang perlu diperhatikan saat kehamilan ialah,protein,karbohidrat,vitamin,mineral dan lemak sehat. Dengan asupan nutrisi yang tepat membantu pertumbuhan janin.


Jenis Makanan Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin

Berbagai makanan yang dapat dijadikan asupan makanan sehat untuk Ibu hamil,berikut daftar makanan penting untuk ibu hamil di bawah ini :

Air mineral

Air merupakan bagian penting dalam metabolisme tubuh,pada masa kehamilan perlu diperhatikan asupan air yang sesuai dengan rekomendasi para ahli yaitu minimum 8 gelas perhari,pada masa kehamilan juga harus membatasi asupan kafein dengan tidak melebihi 200 mg perhari.

Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh,Karbohidrat harus mencapai 45 hingga 65 persen dari asupan kalori harian,kebutuhan karbohidrat pada wanita hamil dan menyusui ialah sekitar 175-210 gram karbohidrat per hari.

Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu merupakan sumber karbohidrat. Biji-bijian utuh adalah sumber nutrisi penting, seperti serat makanan. Mereka juga memberikan berbagai manfaat kesehatan. Makanan karbohidrat penting lainnya termasuk biji-bijian olahan yang diperkaya vitamin. Biji-bijian ini memiliki manfaat tambahan zat besi dan asam folat yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan bayi. Konsumsi karbohidrat yang tepat yaitu untuk sarapan.


Buah-buahan segar dan sayuran hijau




Jenis Makanan Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Dan Janin


Dalam masa perkembangan,janin membutuhkan nutrisi penting dan vitamin seperti yang terkandung dalam buah-buahan,biji-bijian dan sayuran. Buah-buahan dan sayuran mengandung sebagian besar nutrisi dan vitamin yang penting dalam perkembangan dan pertumbuhan janin. Buah-buahan dan sayuran mengandung,vitamin A dan C,beta karoten,riboflavin,kalsium,vitamin E,asam folat,vitamin B,mineral dan serat.

Biji-bijian dan kacang utuh juga tidak kalah penting dalam makanan sehat untuk kehamilan,kandungan vitamin dalam kacang-kacangan dan biji-bijian yaitu vitamin B,mineral,selenium dan magnesium. Kacang dan biji padat merupakan nutrisi padat mencakup vitamin B-1,riboflavin(vit B-2),folat dan niasin.

Semua yang terkandung dalam makanan tersebut merupakan nutrisi penting yang harus dikonsumsi ibu hamil unuk menjaga kehamilan dan metabolisme tubuh. Hal yang paling penting adalah polat,karena polat yang terkandung didalamnya bermanfaat untuk mencegah risiko bayi spina bipida(kelainan saraf tulang belakang),makanan-makanan tersebut merupakan penunjang energi dalam perkembangan janin dan membantu membangun plasenta dan jaringan lainnya pada tubuh.


Folat merupakan vitamin yang sangat penting pada masa kehamilan,folat perlukan tubuh untuk pembentukkan DNA baru yang berfungsi untuk membangun jaringan sel-sel baru dalam tubuh wanita hamil

Serat

Serat menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan wanita hamil,makanan yang mengandung serat ialah biji-bijian utuh,buah-buahan,sayuran dan kacang-kacangan. Dengan mengkonsumsi serat 30 gram perhari dapat membantu mengatasi sembelit dan wasir.

Zat besi

Zat besi merupakan makanan sehat yang paling penting untuk ibu hamil,karena zat besi merupakan bagian penting dari asupan vitamin prenatal. Zat besi yang dihasilkan dari nabati sulit untuk mendapatkan zat besi yang tepat dalam masa kehamilan.Sangat penting untuk konsumsi makanan yang mengandung zat besi .Makanan yang kaya zat besi adalah sebagai berikut :

-daging merah
-kacang navy
-bayam
-sereal yang diperkaya vitamin
-kacang-kacangan


kesimpulan


Semua daftar makanan diatas merupakan asupan makanan sehat yang penting untuk Ibu hamil ,dengan asupan nutrisi yang tepat dan pola hidup sehat selama kehamilan sangat berpengaruh pada masa depan anda dan anak-anak anda. Biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan harus disertakan dalam menu harian anda terutama pada masa kehamilan,semua jenis makanan tersebut dapat memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Moderasi menu makan anda secara variatif agar memenuhi nutrisi seimbang.

Periksakan selalu kandungan anda secara berkala untuk mengetahui perkembangan janin dan untuk memastikan kondisi kesehatan ibu hamil.

Kesehatan anda dan keluarga lebih berharga.Semoga bermanfaat!

Referensi:

healthline
wiki
pubmed
hellosehat.com


-->