Translate

Menu Makanan Untuk Penderita Hipertensi Yang Dapat Membantu Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami


makanan penurun darah tinggi dengan cepat

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi yang paling ditakutkan bagi setiap orang karena hipertensi merupakan pemicu utama penyakit jantung. Para ahli belum dapat menyimpulkan apa penyebab hipertensi, namun para ahli mengatakan bahwa hipertensi jelas ancaman serius bagi kesehatan,hipertensi dapat memicu berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung,gagal ginjal,stroke bahkan kematian. .

Tekanan darah tinggi atau hiertensi pada umumnya tidak memiliki gejala,namun untuk upaya pencegahan yaitu dengan selalu periksa tekanan darah secara rutin,apabila darah anda mengalami kenaikkan maka sesegera mungkin lakukan pencegahan dengan cara membatasi asupan makanan yang dapat memicu hipertensi seperti :

-Makanan kadar garam tinggi meliputi makanan siap saji,berbagai jenis roti,daging olahan,nugget,aneka kecap dan saus.

-Makanan yang mengandung kolestrol tinggi seperti daging sapi,daging kambing,mentega,minyak kelapa,minyak sawit,keju,makanan olahan yang mengandung santan.

-Makanan dengan kadar gula tinggi seperti nasi putih,sereal,cemilan dengan penguat rasa,minuman yang mengandung pemanis buatan.


Penderita hipertensi dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan organik,karena residu pestisida yang terkandung dalam buah atau sayuran non organik akan menumpuk pada dinding arteri,sehingga menimbulkan pengerasan pada pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah tinggi.

Berikut ini 8 menu makanan untuk penderita darah tinggi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

1. Susu Skim dan Yogurt


makanan penurun darah tinggi dengan cepat

Susu skim adalah susu bubuk yang rendah lemak.

Peran kalsium sangat penting dalam penyempitan dan merelaksasi pembuluh darah.

Para ahli merekomendasikan susu organik untuk menurunkan tekanan darah.

2. Sayuran Hijau

Makanan yang mengandung natrium memang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengeluarkan kadar air dalam sel tubuh,namun terlalu banyak asupan natrium menghambat fungsi ginjal untuk membuah kelebihan air sehingga meningkatkan tekanan darah.

Makanan natrium seperti garam,daging dan ikan olahan,keju dan acar atau asinan.

Jika tekanan darah anda tinggi, anda harus beralih pada makanan yang banyak mengandung kalium seperti selada romaine organik,sawi,kangkung,lobak,kol,bayam,brokoli.

3. Ubi Bit Merah

Ubi bit merah direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah karena sifatnya yang kaya nitrogen monoksida yang bermanfaat untuk membuka pembuluh darah sehingga mampu menurunkan tekanan darah. Efeknya dapat dirasakan setelah 24 jam setelah dikonsumsi.

4. Pisang

Satu buah pisang mengandung 12% kalium yang dibutuhkan tubuh ditambah dengan protein sehat,serat,magnesium,vitamin B6,vitamin C.

Kalium dapat membantu membersihkan natrium lebih pada tubuh,riset membuktikan dengan mengonsumsi 2 buah pisang perhari secara rutin dapat menurunkan 10% dari tekanan darah.

5. Buah Jenis Berry

Buah jenis berry kaya akan antioksidan yang termasuk kelompok flavonoid.

Asupan flavonoid yang cukup bermanfaat untuk mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi,mencegah peradangan dalam tubuh yang menyebabkan nyeri sendi.

6. Oatmeal


makanan penurun darah tinggi dengan cepat

Oatmeal sangat bermanfaat untuk tekanan darah karena sifatnya yang kaya akan serat dan biji-bijian yang dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah.

Oatmeal mengandung kalium dan kalsium yang mampu mengurangi tekanan darah

7.Bawang Putih

Bawang putih mengandung nitrogen monoksida yang berfungsi untuk membantu pelebaran dinding arteri.

Bawang putih bermanfaat untuk melancarkan aliran darah sehingga melindungi kesehatan jantung dan dapat mengurangi tekanan darah tinggi .

8. Coklat Hitam

Penelitian menunjukan bahwa coklat hitam yang mengandung 70% kakao murni dapat menurunkan tekanan darah.

Kandungan antioksidan flavonoid yang terdapat pada kakao murni dapat merilekskan dan membantu pelebaran pembuluh darah.

Meski coklat hitam dapat menurunkan tekanan darah,namun anda tidak boleh berlebihan mengonsumsinya karena cokelat hitam mengandung sedikit gula,apabila dikonsumsi berlebihan malah menjadi bumerang bagi kesehatan.


Hipertensi disebut silent killer karena tidak memiliki gejala namun dapat menyebabkan penyakit yang mematikan,sangat penting untuk selalu berkonsultasi dengan tenaga medis. Demikian ulasan tentang makanan untuk penurun darah tinggi dengan cepat semoga tips diatas dapat mengisiprasi anda dan menambah pengetahuan.

.

-->