Language

Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan Mental Dan Fisik

Daftar isi:

Definisi Stres


Pengaruh stres terhadap kesehatan tubuh dan mental menurut para ahli dapat menimbulkan efek positif dan efek negatif,sebelum membahas lebih jauh tentang stres mari kita ketahui definisi stres.

Stres adalah perubahan pada kondisi fisik maupun mental yang disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya tekanan dari suatu masalah baik secara individu maupun masalah finansial,mengalami suatu kejadian mengerikan atau mengalami perlakuan kasar yang menyebabkan trauma hebat secara fisik maupun mental.

Istilah stres secara ilmiah mulai diperkenalkan oleh para ahli dengan definisi yang berbeda,pada tahun 1974 dr.Selye Janos berpendapat bahwa stres secara biologis dapat dilihat dari perubahan fisiologis.

Beliau mengansumsi bahwa stres itu memiliki dampak positif dan dampak negatif.Konsekuensi negatifnya menimbulkan risiko penyakit,kecelakaan kerja dan kematian,menurut teori Dr.Selye stres adalah sebagai respons non-spesifik terhadap stresor.

pengertian stres menurut depkes

Namun pada tahun 1979 Cummings dan Cooper menguraikan tentang teori stres,mereka mendefinisikan bahwa stres adalah suatu perubahan mental atau fisik di luar jangkauan stabilitasnya.

Dari Penelitian mereka menemukan bahwa stres dapat mempengaruhi kesehatan tubuh sehingga beliau menyimpulkan bahwa dampak yang ditimbulkan stres atau tekanan merupakan ancaman bagi kesehatan dan mereka menyimpulkan bahwa ketegangan otot merupakan efek langsung dari tekanan dan stres.

Adapun gejala dari stres adalah dengan timbulnya perasaan negatif seperti merasa gelisah,cemas dan ketegangan yang tidak beralasan,keadaan ini dapat mempengaruhi konsentrasi dan cara berkomunikasi yang merupakan dampak perkembangan gejala psikosomatik dan memiliki dampak negatif pada kehidupan keluarga.


Pengaruh Stres Terhadap Sistem Tubuh

Ketika seseorang dalam keadaan stres,suatu sistem komponen otak yang disebut sebagai hipotalamus memicu pelepasan hormon adrenalin dan kortisol,adrenalin yang dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

Berikut ini pengaruh stres terhadap sistem tubuh


1. Rambut rontok

Stres juga berpengaruh pada kerontokan rambut,efek yang ditimbulkan stres kepada rambut adalah alopecia areata (sel darah putih menyerang folikel rambut), telogen effluvium (pertumbuhan rambut terhenti) dan trikotilomania (kerontokan ekstrem pengaruh stres, kuatir, tegang, kesepian, atau frustrasi).

Cara mengatasinya melalui teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, dan relaksasi yang dapat menenangkan pikiran.

2. Penyakit jantung

Stres merupakan pemicu utama risiko penyakit jantung,menurut Dr. Chauncey Crandall, MD salah satu pakar jantung amerika serikat.

Salah satunya seperti kasus penyakit jantung yang terjadi pada mantan Presiden AS, George W. Bush. dari penjelasan paramedisnya mengungkapkan bahwa penyakit jantungnya efek dari stres dikala masih menjabat sebagai presiden.

3. Kenaikkan berat badan

Stres dapat menyebabkan perubahan pola makan pada porsi berlebih dan biasanya lebih cenderung pada makanan yang tinggi kalori yang dapat memicu obesitas,sedangkan obesitas dan kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, kanker dan depresi.

Saat anda merasa benar-benar stres carilah aktivitas lain yang mampu menyenangkan dan menenangkan pikiran anda.

4. Depresi dan kecemasan

Dampak negatif stres terhadap mental adalah stres kronis yang dapat menyebabkan depresi,bahkan bagi yang pernah mengalami depresi sebelumnya dapat memperburuk kondisi kesehatan tubuh dan mental.


Cara mengatasinya dengan berolahraga secara rutin,karena dengan berolahraga mampu meningkatkan produksi neurotransmitter dan endorfin,keduanya dapat meningkatkan mood dan menurunkan resiko depresi, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker.


5. Kanker dan gangguan metabolisme tubuh

Sistem imun alami pada tubuh dirancang untuk melindungi kita dari pengaruh gangguan biologis, dampak negatif Stres kronis pada sistem metabolisme tubuh adalah menghalangi kerja cara imun sehingga memicu risiko kanker dan gangguan kesehatan lainnya.

Cara mengatasinya dengan membangun jaringan dukungan sosial yang kuat untuk meningkatkan kepercayaan diri dan waktu tidur yang cukup untuk tiap malam.


6. Sindrom metabolik

Orang yang mengalami stres kronis berisiko lebih besar untuk terkena sindrom metabolik,yaitu kombinasi dari diabetes, tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, obesitas, dan kadar kolesterol tidak normal. Bila terjadi beriringan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Ada 4 cara untuk mengatasinya,

-pertama, mencari aktivitas atau hobi yang menyenangkan

-Kedua, dengan mengikuti program olahraga atau yoga.

-Ketiga,berperan aktiv dilingkungan anda atau berkumpul dengan teman-teman anda.

-Keempat, pola makan sehat,diutamakan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3,seperti ikan dan kacang-kacangan.



Kesimpulan


Stres merupakan suatu perubahan pada kondisi fisik maupun mental yang disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya tekanan dari suatu masalah individu atau masalah finansial,kondisi seperti ini yang membuat seseorang berpikir keras sehingga otak merasa kelelahan yang menimbulkan stres. Stres dapat menimbulkan penyakit kronis seperti penyakit jantung,diabetes,penurunan libido,masalah pencernaan,gangguan tidur dan perubahan nafsu makan.


Referensi : Dr.crandall

0 Responses to “Pengaruh Stres Terhadap Kesehatan Mental Dan Fisik”

Posting Komentar

-->